Langsung ke konten utama

ANALISA BANGUNAN KLASIK DAN MODERN

B. BANGUNAN MODERN

Arsitektur modern memiliki ornament yang sangat minim. Pada arsitektur modern fungsi lebih diutamakan dalam menentukan bentuk, ukuran dan bahan. Di Indonesia rumah-rumah dengangaya arsitektur modern mulai banyak diterapkan pada awalt tahun 70-an.Di masa sekarang pun banyak rumah-rumah baru yang dibangun dengan gaya arsitektur modern dengan penyesuain terhadap bahan bangunan dengan teknologi terkini, perkembangan budaya dan wawasan serta gaya hidup penghuninya.Eksterior rumah dengan gaya arsitektur modern didominasi dengan jendela yang berukuran lebar dan atau tinggi, list plang beton memanjang dan kanopi yang menjeorok ke depan. Dengan kolom yang simple atau bahkan tanpa kolom. Bentuk masa rumah modern di dekorasi dengan ornament garis vertical, horizontal, dan diagonal yang sederhana pada dinding eksterior yang luasInterior rumah modern ditata dengan ornament yang sederhana, plafond bertingkat dan void di ruang-ruang public yang meberikan kesan luas.Ruang pada rumah dengan gaya arsitektur modern umumnya transparan, menerus, ruang-ruang saling terhubung dengan ruang-ruang perantara dibatasi oleh dekorasi interior yang tidak masiv.Bahan bangunan berupa stainless steel finishing polished, aluminum anodized, kaca berwarna / tinted glass, marupakan bahan dengan jenis finishing mencirikan rumah modern dimasa-masa awal berkembangnya di Indonesia. Disaat sekarang ini banyak bahan engunan dengan teknologi modern yang menjadi komponen penting seperti galvanized metal, granitile, grc, perforated metal.Beberapa ciri arsitektur modern sebagai berikut:Modern :
1. Suatu gaya Internasional atau tanpa gaya.
2. berupa khayalan
3. bentuk tertentufungsional
4. Zeitgeit
5. Seniman sebagai nabi
6. Elitis untuk setiap manusia
7. Bersifat menyeluruhluas meliputi banyak hal
8. Arsitek sebagai juru selamat
Late Modern :
1. Gaya yang disengaja
2. pragmatis
3. Longgar
4. Late Kapitalis
5. Seniman yang tertekan
6. Elitis Profesional
7. Bersifat menyeluruh
8. Arsitek memberikan pelayanan.
Post Modern :
1. Gaya dengan dua makna
2. bersifat umumbebeda-beda
3. bentuk semiotic
4. Tradisi dan pilihan
5. Elitis dan partisipatif
6. Satu per Saturday
7. Arsitek sebagai wakil dan aktifis

Contoh bangunan :

1. Millennium Dome
Didesain oleh the Richard Rogers Partnership dan engineers Buro Happold, diameternya 365 meter dengan puncaknya mencapai 100 meter. Saat ini tenda raksasa seukuran titanic ini masih merupakan sesuatu yang sangat impresif dilihat dari desain dan dimensinya.
Kubah dari Millenium Dome adalah yang terbesar dari jenisnya di dunia. Secara eksternal, ia muncul sebagai tenda putih besar dengan dua belas menara dukungan kuning setinggi 100 m, satu untuk setiap bulan dalam setahun, atau setiap jam tampilan jam, mewakili peran dimainkan oleh Greenwich mean time. Dalam pandangan rencana melingkar, 365 m dengan diameter - satu meter untuk setiap hari dalam setahun - dengan tepi bergigi. Hal ini telah menjadi salah satu landmark Inggris yang paling dikenal. Ini dengan mudah dapat dilihat pada foto udara London. Eksterior adalah mengingatkan pada kubah discovery dibangun untuk festival inggris pada tahun 1951.
Arsiteknya adalah Richard rogerts. Dia dan kontraktor adalah perusahaan patungan, McAlpine / Laing Joint Venture (MLJV) terbentuk antara Sir Robert McAlpine dan Manajemen Laing. Struktur bangunan itu direkayasa oleh Buro Happold, dan struktur seluruh atap berat kurang dari udara yang terkandung di dalam gedung. Meskipun disebut sebagai kubah itu tidak sepenuhnya salah karena tidak mandiri, tetapi tiang-didukung, kubah berbentuk jaringan kabel
Kanopi terbuat dari sertas gelas kain plastik, tahan lama dan tahan cuaca, dan 52 m tinggi di tengah - satu meter untuk setiap minggu tahun. Simetri adalah terganggu oleh lubang melalui sebuah poros ventilasi dari terowongan blackwall naik.
Selain kubah itu sendiri, proyek ini termasuk reklamasi dari seluruh Semenanjung Greenwich. Tanah itu sebelumnya terbengkalai dan terkontaminasi oleh lumpur beracun dari east greenwich gash works yang dioperasikan 1889-1985. Operasi bersih-up dilihat oleh kemudian wakil perdana menteri sebagai investasi yang akan menambah luas lahan yang berguna ke ibukota ramai. Hal ini ditagih sebagai bagian dari rencana yang lebih besar untuk menumbuhkan area, besar berpenduduk jarang di timur London dan selatan sungai thames, sebuah wilayah awalnya disebut Koridor Timur Thames tetapi akhir-akhir ini dipasarkan sebagai Thames Gateway

2. 30st mary axe
30 St Mary Axe adalah sebuah gedung pencakar langit yang terletak di City of London. Gedung ini memiliki tinggi 180 meter (591 kaki), dan berlantai 40, sehingga menjadikannya gedung tertinggi kedua di City of London, setelah One Canada Square, dan merupakan gedung tertinggi ke-6 di London. Gedung ini adalah Gedung Perkantoran Paling Mahal dan juga salah satu gedung tercantik di dunia.
30 St Mary Axe, juga dikenal sebagai Gedung Ketimun dan Gedung Swiss Re selesai pada December 2003 dan dibuka pada May 2004.  Gedung ini didesign oleh Norman Foster and Arup engineers, dan dikerjakan oleh Skanska pada 2001–2003.
Desain dan konstruksi :
Pada bangunan 30 St Mary Axe, konsep ide yang digunakan oleh perancang adalah “One to One Half”. Bangunan ini memiliki konsep ide berupa bentuk gedung melebar dari dasar dan meruncing pada puncaknya. Bentuk ini direspon dari permintaan atas lokasi tapak yang kecil. Pengaturan kelompok ruang dan bentuk pada 30 St Mary Axe menggunakan pola central yang mana fungsi ruang penting di tengah dan berhubungan dengan sebagian besar ruang.
Bangunan ini sendiri menggunakan konstruksi rangka. Terciptanya fasad dari cahaya yang baik terdiri dari lapisan panel yang dobel dan dijalankan secara simple dengan memberi warna pada kaca dan lapisan yang high-performance untuk mengurangi penetrasi dari radiasi sinar ultraviolet.
3. Beijing Nasional Stadium
Stadion berkapasitas 80 ribu tempat duduk ini didesain oleh arsitek-arsitek Swiss Herzog and de Meuron dan juga seniman Cina, Ai Weiwei, merupakan bangunan landmark bagi acara Olimpiade 2008. Terdiri dari dua bangunan utama, salah satunya berada di dalam lainnya: suatu mangkok beton raksasa berwarna merah untuk tempat duduk dikelilingi oleh "sarang burung" baja raksasa. 
Bangunan ini menggunakan 16 buah truss colom yang berfungsi sebagai kolom-kolom penyangga utama. Setiap kolom 3D ini dibentuk secara pre-fabrikasi dari baja jenis HSS (Hollow Structural Steel) kelas high-strength dengan 128 titik kontak sambungan las.
Di kiri-kanan struktur utama pun lalu terjalin konstruksi berbagai balok baja silang-menyilang melengkapi balok 3D girders yang memang ditata berpasang-pasangan diantara setiap pasangan kolom utama. Untuk penutup atapnya menggunakan panel transparan ETFE. Beijing National Stadium dibangun dengan biaya 423 juta dollar AS. Pertama kali diperkenalkan pada Olimpiade Beijing 2008 lalu. Ini merupakan Stadion terbesar di dunia dengan memakai struktur baja.
Beijing National Stadium atau biasa disebut Bird’s Nest (sarang Burung) merupakan stadion fenomenal dengan arsitektur yang paling rumit dan unik. Berkapasitas 80.000 tempat duduk, diresmikan menjelang Olimpiade Beijing 2008. Desainnya merupakan hasil dari sayembara yang diadakan pada Tahun 2002. Desain bangunan ini terinspirasi dari bentukkan sarang burung ditengah alam, dalam pola yang terlihat acak.

Keunikan struktur dapat terlaksana karena bantuan dari sistem modularitas pada bagian elemen strukturnya. Beijing National Stadium mempunyai bentuk elips yang terdiri dari konstruksi baja yang mendukung terbentuknya fasade menyerupai sarang burung. Konstruksi baja bukan saja digunakan sebagai elemen arsitektur yang membentuk bangunan, namun juga merupakan suatu sistem struktur. Ukuran bentang bangunan ini adalah 335m untuk panjang, 284m untuk lebar dan 69m untuk tinggi.
4. Burj Dubai
Burj Khalifa (Menara Khalifa) adalah bangunan pencakar langit di Dubai, Uni Emirat Arab yang diresmikan pembukaannya pada 4 Januari 2010. Ketinggian pencakar langit ini adalah 828 meter (2.717 kaki).
Burj Khalifa adalah bangunan tertinggi di dunia yang pernah dibuat oleh manusia. Dimulai dari melewati ketinggian Taipei 101 sebagai bangunan tertinggi di dunia pada 21 Juli2007. Pada tanggal 12 September 2007, Burj Khalifa berhasil melewati ketinggian CN Tower sebagai struktur bebas (tanpa penyangga) tertinggi di dunia dan pada tanggal 7 April 2008 struktur tertinggi di dunia dari Menara KVLY-TV yang berada di Blanchard, North Dakota, Amerika Serikat berhasil dilewati. Struktur tertinggi yang pernah dibuat oleh manusia, Menara Radio Warsawa 645,4 m (2.120 kaki) dibuat pada 1974 (namun runtuh pada saat renovasi pada 1991) berhasil dilewati pada 1 September 2008.
Rekor lainnya adalah menara ini memunyai lift tercepat dengan kecepatan 60 km/jam atau 16.7 m/s, bangunan dengan paling banyak lantai: 160 (sebelumnya Menara Willis dan World Trade Center - 110 lantai), dll.
Konsep Desain
Desain Burj Khalifa berasal dari pola sistem yang terkandung dalam arsitektur Islam. Menurut insinyur struktur, Bill Baker dari SOM, desain bangunan menggabungkan unsur budaya dan sejarah tertentu ke wilayah tersebut. Sang arsitek, Adrian Smith, mengatakan jejak lobed tiga bangunan diilhami oleh bunga Hymenocallis. Menara ini terdiri dari tiga unsur yang disusun di sekitar inti pusat. Sebagai menara yang menaik dari dasar gurun datar, kemunduran terjadi pada setiap elemen dalam pola spiral, mengurangi penampang menara saat mencapai ke arah langit. Ada 27 teras di Burj Khalifa. Di bagian atas, inti pusat muncul dan membentuk sebuah puncak menara.
Analisa Bangunan Burj Khalifa
Pada ruang-ruang Burj Khalifa di lantai bawah terbagi menjadi tiga zona, yaitu hotel, residental, dan butik. Pada 3 zona ini terletak keluar padabangunan utama yang berbentuk kelopak bunga Hymenocallis. Zona-zona ini pun terpisah satu sama lain.
Bagian-bagian pada bangunan berbentukbunga hymenocallis yang meruncing ke titik puncak ada bagian-bagian terpotong yang melingkari tinggi gedung. Jumlahnya sebanyak 27.
Sungai-sungai & danau buatan di sekeliling Burj Khalifa mempertegas konsep desain kelopak bunga Hymenocallis.. Karena bunga tersebut hidup di atas air.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RUMAH ADAT MALAYSIA

RUMAH KELANTAN MALAYSIA Negeri Kelantan merupakan salah satu sebuah negeri dari 13 negeri dalam Negara Malaysia. Negeri ini mempunyai sejarah yang panjang sejak zaman purba. Dengan latar belakang sejarah yang panjang ini telah menjadikan senibina (bentukan) rumah Kelantan mempunyai bentuk rumah yang unik dan ciri khas tersendiri. Negeri Kelantan menjadi salah satu kota singgahan disemenanjung Melayu antara jalur perdagangan China, India dan Arab. Kedatangan syariat Islam kedalam masyarakat Kelantan menjadi pelengkap terakhir untuk senibina rumahnya. Bersuaian dengan sifat Allah SWT yang suka akan keindahan, telah membawa inspirasi kepada masyarakat Melayu Kelantan untuk menggunakan ide dan karyanya semata-mata untuk mencari keberkahan ilmu di jalan Allah SWT. Ada dua jenis rumah beratap panjang di Kelantan: 1.       Rumah Bujang 2.       Rumah Tiang Dua Belas Rumah Bujang atau disebut juga rumah tunggal adalah rumah sederhana yang dibuat oleh orang-orang Kelantan yang

KONSERVASI ARSITEKTUR ASIA ; Great Wall Of China

KONSERVASI ARSITEKTUR - ASIA CONSERVATION GREAT WALL OF CHINA         Tembok Besar Cina telah berdiri tegak selama lebih dari dua millennium sebagai perwujudan dari upaya perdamaian dan ketertiban umat manusia. Dengan pelestariannya yang telah dinyatakan sebagai tanggung jawab global oleh UNESCO. pemerintah Cina bulan lalu merilis rencana hingga tahun 2035 untuk restorasi dan manajemen tembok. Dibangun dari abad ke-3 SM hingga abad ke-17 M di perbatasan utara negara itu sebagai proyek pertahanan militer besar dari Kekaisaran Cina berturut-turut, dengan total panjang lebih dari 20.000 kilometer. Tembok Besar dimulai di timur di Shanhaiguan di provinsi Hebei dan berakhir di Jiayuguan di provinsi Gansu di barat, tubuh utamanya terdiri dari dinding, jalur kuda, menara pengawas, dan tempat berlindung di dinding, dan termasuk benteng dan melewati Dinding.           Tembok Besar bukan hanya harta karun arsitektur. Ini adalah pengaruh emosional dan spiritual pada o

TIPOLOGI GEDUNG KANTOR PEMERINTAH

BANGUNAN KANTOR PEMERINTAH PENGERTIAN Kantor adalah sebutan untuk tempat yang digunakan untuk perniagaan atau perusahaan yang dijalankan secara rutin. Kantor bisa hanya berupa suatu kamar atau ruangan kecil maupun bangunan bertingkat tinggi. 1. BANGUNAN GEDUNG Wujud fisik hasil pekerjaan konstruksi yang menyatu dengan tempat dan kedudukannya, sebagian atau seluruhnya berada di atas dan di dalam tanah, yang berfungsi sebagai tempat manusia melakukan kegiatan. Baik untuk hunian atau tempat tinggal, kegiatan keagamaan, kegiatan usaha, kegiatan sosial, budaya, maupun kegiatan khusus. 2. BANGUNAN GEDUNG NEGARA Bangunan Gedung Negara adalah bangunan gedung untuk keperluan dinas yang akan menjadi kekayaan milik negara dan diadakan dengan sumber pembiayaan yang berasal dari dana APBD dan perolehan lainnya yang sah. KLASIFIKASI BANGUNAN GEDUNG NEGARA BERDASARKAN TINGKAT KOMPLEKSITAS MELIPUTI : 1.BANGUNAN SEDERHANA Klasifikasi bangunan sederhana adalah