Langsung ke konten utama

Latar Belakang Pendidikan Kewarganegaraan, Landasan Hukum, dan Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan



Image result for pendidikan kewarganegaraan
Latar belakang Pendidikan Kewarganegaraan

    Tuntutan generasi saat ini, yaitu harus ada nya kedewasaan wawasan akan suatu kebenaran di masa kini, masih banyak pengorbanan yang harus dilakukan untuk mencapai kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia. Pertaruhan antar partai di dunia politik untuk merebut kekuasaan, kita harus buka hati untuk melihat pemimpin mana yang bertujuan untuk kepentingan masyarakat dan mana yang mementingkan diri nya sendiri. Maka itu, Pendidikan Kewarganegaraan sangat penting untuk dipelajari di masa pendidikan.

     Perjuangan bangsa Indonesia untuk menjadikan negara Indonesia menjadi negara yang merdeka, membutuhkan waktu yang panjang dan pengorbanan tinggi. Meskipun Indonesia telah memproklamasikan kemerdekaannya puluhan tahun lalu, masalah yang dihadapi untuk menjadi negara yang benar-benar merdeka masih saja sulit. Hanya saja masalah yang datang bukan lagi dalam bentuk peperangan negara. Justru peperangan sesama bangsa untuk menjadi penguasa. Selain itu, juga banyak gerakan yang ingin memisahkan diri dari Indonesia, seperti negara Timur Leste yang sudah bukan lagi bagian dari NKRI.

    Banyaknya permasalahan yang ada di negara Indonesia ini merupakan akibat dari nilai-nilai perjuangan bangsa dalam mempertahankan dan merebut negara Indonesia dari tangan penjajah sudah mencapai titik kritis yang antara lain merupakan pengaruh globalisasi.

   Oleh karena itu, masalah integrasi nasional yang selalu aktual pada bangsa Indonesia harus menjadi perhatian penting bagi bangsa Indonesia. Sangat dibutuhkan adanya sarana yang dapat meningkatkan atau menciptakan rasa kecintaan setiap orang akan negara Indonesia. Serta memberikan kesadaran akan pentingnya ketentraman dan persatuan berbangsa dan bernegara. Maka dari itu melalui Pendidikan kewarganegaraan bagi semua kalangan bisa menjadi sarana untuk dapat menjadikan negara Indonesia menjadi merdeka seutuhnya.

Landasan Hukum Pendidikan Kewarganegaraan
1. UUD 1945
   a. Pembukaan UUD 1945, alinea kedua dan keempat (cita-cita, tujuan dan aspirasi Bangsa Indonesia tentang kemerdekaannya)
   b. Pasal 27 (1), kesamaan kedudukan Warganegara di dalam hukum dan pemerintahan
   c. Pasal 27 (3), hak dan kewajiban Warganegara dalam upaya bela negara.
   d. Pasal 30 (1), hak dan kewajiban Warganegara dalam usaha pertahanan dan keamanan negara
   e. Pasal 31 (1), han Warganegara mendapatkan pendidikan.
2. UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
3. Surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor 43/DIKTI/Kep/2006 tentang Rambu-Rambu Pelaksanaan Kelompok Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi.

Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan
    Tujuan Umum : Memberikan pengetahuan dan kemampuan dasar kepada mahasiswa mengenai hubungan antara warganegara dengan negara, hubungan antar warganegara dengan warganegara, dan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara agar menjadi warganegara yang dapat di andalkan oleh bangsa dan negara.
   Tujuan Khusus : Agar mahasiswa memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban secara santun, jujur dan demokratis serta iklhas sebagai Warganegara Republik Indonesia yang terdidik dan bertanggung jawab.

  • Agar mahasiswa menguasai dan memahami berbagai masalah dasar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta dapat mengatasi dengan pemikiran kritis dan bertanggung jawab yang berlandaskan pancasila, wawasan nusantara dan ketahanan nasional.
  • Agar mahasiswa memiliki sikap perilaku sesuai nilai-nilai kejuangan, cinta tanah air, rela berkorban bagi nusa dan bangsa.
  • Agar mahasiswa dapat saling menghargai dan menghormati antar sesama baik yang berbeda agama, ras ataupun suku.
  • Agar mahasiswa dapat menguasai permasalahan yang ada di bidang politik, hukum ataupun HAM
  • Agar mahasiswa dapat memiliki sikap tenggang rasa, saling menghormati, dan cinta terhadap tanah air sendiri yaitu Republik Indonesia.
  • Agar mahasiswa dalam menghadapi suatu masalah dapat berpikir jernih, memikirkan dampak jangka panjangnya dan kritis.
  • Agar mahasiswa menjadi warga negara yang baik dan mampu menjaga persatuan kesatuan bangsa agar tetap rukun selamanya.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

RUMAH ADAT MALAYSIA

RUMAH KELANTAN MALAYSIA Negeri Kelantan merupakan salah satu sebuah negeri dari 13 negeri dalam Negara Malaysia. Negeri ini mempunyai sejarah yang panjang sejak zaman purba. Dengan latar belakang sejarah yang panjang ini telah menjadikan senibina (bentukan) rumah Kelantan mempunyai bentuk rumah yang unik dan ciri khas tersendiri. Negeri Kelantan menjadi salah satu kota singgahan disemenanjung Melayu antara jalur perdagangan China, India dan Arab. Kedatangan syariat Islam kedalam masyarakat Kelantan menjadi pelengkap terakhir untuk senibina rumahnya. Bersuaian dengan sifat Allah SWT yang suka akan keindahan, telah membawa inspirasi kepada masyarakat Melayu Kelantan untuk menggunakan ide dan karyanya semata-mata untuk mencari keberkahan ilmu di jalan Allah SWT. Ada dua jenis rumah beratap panjang di Kelantan: 1.       Rumah Bujang 2.       Rumah Tiang Dua Belas Rumah Bujang atau disebut juga rumah tunggal adalah rumah sede...

KONSERVASI ARSITEKTUR ASIA ; Great Wall Of China

KONSERVASI ARSITEKTUR - ASIA CONSERVATION GREAT WALL OF CHINA         Tembok Besar Cina telah berdiri tegak selama lebih dari dua millennium sebagai perwujudan dari upaya perdamaian dan ketertiban umat manusia. Dengan pelestariannya yang telah dinyatakan sebagai tanggung jawab global oleh UNESCO. pemerintah Cina bulan lalu merilis rencana hingga tahun 2035 untuk restorasi dan manajemen tembok. Dibangun dari abad ke-3 SM hingga abad ke-17 M di perbatasan utara negara itu sebagai proyek pertahanan militer besar dari Kekaisaran Cina berturut-turut, dengan total panjang lebih dari 20.000 kilometer. Tembok Besar dimulai di timur di Shanhaiguan di provinsi Hebei dan berakhir di Jiayuguan di provinsi Gansu di barat, tubuh utamanya terdiri dari dinding, jalur kuda, menara pengawas, dan tempat berlindung di dinding, dan termasuk benteng dan melewati Dinding.           Tembok Besar bukan hanya harta karun arsitektur. Ini ad...

TIPOLOGI BANGUNAN MUSEUM OF ART NEWYORK

MUSEUM Modern Of Art New York Museum  adalah institusi  permanen, nirlaba , melayani kebutuhan publik, dengan sifat terbuka, dengan cara melakukan usaha pengoleksian, mengkonservasi, meriset, mengomunikasikan, dan memamerkan benda nyata kepada masyarakat  untuk kebutuhan studi, pendidikan  dan kesenangan. Karena itu ia bisa menjadi bahan studi oleh kalangan akademis , dokumentasi kekhasan masyarakat tertentu, ataupun dokumentasi dan pemikiran imajinatif  pada masa depan. Sejak tahun 1977, setiap tanggal 18 Mei diperingati sebagai hari museum internasional. Tipe Museum memiliki beragam tipe, dari institusi yang besar dan mencakup banyak kategori, hingga institusi kecil yang memusatkan diri kepada subjek tertentu, lokasi, atau seseorang. Selain itu terdapat museum universal yang koleksinya merepresentasikan dunia dan biasanya koleksinya di antaranya seni, ilmu pengetahuan, sejarah dan sejarah alam. Tipe dan ukuran museum...